Langsung ke konten utama

Cara Menang Lomba Blog ala Haya

mbak Haya berbagi ilmu - dokumen pribadi

Secara jujur saya akui, saya belum pernah mengikuti lomba blog karena saya merasa memang tujuan saya menulis bukan untuk berkompetisi. Tetapi saya tetap hadir pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2017, dalam acara workshop yang di selenggarakan oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) di Burger King, Plaza Festival, Jakarta Selatan. Acara ini membahas "10 Quick Tips on Content Marketing" dan "How to win a blogging contest" dan diselenggarakan atas dukungan dari CNI, sebuah perusahaan MLM. 

Mengapa saya memutuskan untuk hadir ? Karena saya memang orang yang sangat suka belajar hal-hal baru yang belum saya mengerti. Kadang-kadang hasil belajarnya saya praktekkan tetapi kadang juga hanya sebagai pengetahuan saja. Orang yang sudah lama mengenal saya sering bertanya, "ngapain lagi loe ? belajar jahit gak njahit, belajar makeup kagak dandan." Hahaha... Buat saya yang penting, saya mengerti banyak hal dasar dan bukan untuk menjadi ahli dalam satu bidang. Mungkin saya memang orang yang "generalis" dan bukan tipe yang khusuk dalam satu hal. Tetapi dalam banyak masalah yang saya hadapi saat saya bekerja ataupun kehidupan sehari-hari, ternyata dibutuhkan orang-orang seperti saya, yang dapat memikirkan semua aspek dan melihat dari segala sisi. Walaupun setelah dipecahkan masalahnya dan perlu detail penyelesaiannya, akan di butuhkan orang yang ahli di bidangnya. Gitu siy... pengalaman saya. 

Jadi, apa hasil belajar saya pada hari Minggu bersama sekitar 30an peserta lain disana ? Paling tidak, saya dapat membagikannya untuk pembaca blog saya yang mungkin membutuhkan materi jenis ini. 

How to win a blogging contest

Mbak Haya Aliya Zaki adalah blogger senior yang telah memenangkan banyak sekali lomba, bahkan sudah sering menjadi juri lomba blog juga. Minggu lalu, beliau membagikan ilmunya yang memang sudah beliau lakukan dalam menulis. Jadi ini memang cara menang lomba blog ala Haya, begitulah kura-kura qiqiqiqiiii... Sebelum membahas cara memenangkan lomba, di bahas mengenai keuntungan penulis jika mengikuti lomba blog. Jadi yang di dapat adalah : hadiah (kalau menang), mengasah ketrampilan ngeblog, menambah teman untuk silaturahmi, dikenal khalayak, networking dengan brand dan agensi, membuka peluang lain.

Nah, ini adalah cara memenangkan lomba blog ala mbak Haya :
  1. Kenali passion kita
    • Jika menulis tentang hal yang kita kuasai dan sukai, ide cepat mengalir dan data-data lebih akurat.
  2. Ketahui dengan jelas siapa penyelenggaranya dan apa brand nya
    • Pilih yang tidak bermasalah baik secara produk dan layanan atau penyelenggaraan lomba sebelumnya.
    • Jika perlu, ketahui siapa jurinya
      • Hal ini agar kita bisa memperkirakan artikel jenis apa yang memiliki kans besar untuk menang sesuai kesukaan sang juri
  3. Tampilan blog kita
    • Gunakan nama yang jelas dan tidak menimbulkan masalah. Contoh mengikuti lomba blog tentang makanan tetapi nama blognya malah dapat menjatuhkan brand atau produk (misalnya : nama blognya "upilasin", maafffff...)
    • Buat tampilan blog bersih dengan warna yang tidak menyebabkan mata lelah; minimalis tanpa iklan pop up; tidak mendesain efek blog dengan benda bergerak-gerak melintasi tulisan; menggunakan font yang jelas tidak berukir yang sulit di baca.
  4. Cermati seluruh persyaratan dan penuhi semuanya
    • Biasanya berupa jumlah kata, banner lomba, backlink, kata kunci dan menjadi fans dari sosial media milik penyelenggara lomba.
  5. Lakukan blogwalking pada artikel lain
    • Bukan untuk mencontek artikel, tetapi untuk mendapatkan gambaran besar dan tambahan ide dasar yang kita miliki
  6. Perkaya konten dengan foto, video, infografis, dan lain-lain
  7. Isi konten lengkap dengan prinsip 5 W + 1 H
  8. Tulis dengan jelas dan benar
    • Berikan pesan kunci yang jelas dan highlightnya; perhatikan tanda baca; gunakan kalimat pendek; perbanyak kalimat aktif, minimalisir jargon; hindari singkatan kata dan No Typo.
  9. Softselling
    • Gunakan kalimat pembuka yang menarik
    • Berikan pembaca tips dan turorial 
    • Pakai teknik persuasif tetapi tidak menjanjikan sesuatu
    • Ceritakan pengalaman pribadi atau pengalaman nyata orang lain
    • Hindari pengulangan nama brand yang terlalu banyak 
    • Jujur bahwa artikel dibuat untuk lomba blog
    • Pancing pembaca berinterksi dengan menutup artikel menggunakan kata tanya
  10. Lakukan editing hanya seperlunya sesuai deadline 
  11. Jujur dan sportif tanpa melakukan copy paste
  12. Promosikan artikel dengan sosial media dan buat statusnya publik
Mbak Haya pernah memajang foto / gambar hadiah lomba blog di meja kerjanya agar dapat fokus dan semangat menulis artikelnya. Saya adalah salah satu orang yang sangat percaya bahwa otak kita bekerja dengan gambar dan bukan tulisan. Coba deh, kalian pikirkan kata "gelas", apa yang terbayang, gambar gelas atau abjad yang membentuk kata "gelas" ? Satu lagi kata "cinta", saya yakin 1.000% pasti yang muncul adalah orang/mahluk/benda yang anda cintai dan bukan huruf-huruf yang membentuk kata itu.

me as finalist Canon Marathon 2011 - dokumen pribadi
Jika anda ingin memenangkan suatu lomba (apapun lombanya), perjelas impian anda dengan gambar atau foto. Karena dengan memandanginya anda akan sangat termotivasi melakukannya. Jika perlu berfoto selfie lah dengan sebuah piala atau gambar hadiahnya.
To be a great champion, you must believe you are the best. If you're not, pretend you are - Muhammad Ali 

Komentar

  1. Paparan yang asyik mbak Agatha. Thanks for sharing

    BalasHapus
  2. Wah materinya bagus ditambah penyampaiannya yang gak ribet. Jadi paham sekarang soal dunia blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pengalaman orang lain pasti praktis di bandingkan yang ngomong teori yaaa..

      Hapus
  3. Senengnyaa aterdampar di sini, makasih sharing ilmu kecenya ya mbk

    BalasHapus
  4. Suka banget sama penulisan materinya,mkch y Kak

    BalasHapus
  5. Info yang sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya ya mba, alhamdulillah nambah ilmu. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  6. Detail banget kontennya.. Thank you for sharing sis... :)

    BalasHapus
  7. Iya, aku juga. Senangnya terdampar di sini.
    Aku pernah beberapa kali ikut lomba. But, masih banyak yang gatot. Xixixi...
    Hitung-hitung nambah postingan laa.

    BalasHapus
  8. Aku mau nyoba ah nempelnya gambar impianku, semoga tergapai. Aamiin. Makasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau udah berhasil, aku di colek yaaaaa...

      Hapus
  9. Menang lomba emang enak tapi perjuangan dasyat. Semangka

    BalasHapus
  10. Sulit memang untuk memiliki jiwa juara yang sportif untuk bisa ikut bergerilya menjadi pemenang.

    BalasHapus
  11. Galfok sama foto finalisnyaaa cantik bener hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara. Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll. dokumen pribadi Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini.  Untuk kesekian

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...   Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai  portal otomotif nomor 1  dan  V Kool Indonesia  bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi leb

Tingkatkan Kemampuan Anak Dengan Belajar Di Luar Kelas

Belajar untuk orang-orang jaman old itu duduk manis, tangan dilipat sambil melototin buku di depan mata, gitu deh.... Padahal sebagai orang yang pernah menjadi anak-anak, semestinya kita menydaari bahwa model belajar diluar kelas justru lebih melekat hasilnya. Tidak hanya terbatas untuk anak-anak; sebagai orang dewasa, kita juga lebih rileks berada di luar ruangan di bandingkan harus terkungkung dalam cubical ruang kantor toh? Anak saya adalah salah satu pecinta kegiatan belajar di luar kelas. Itu sebabnya saat dia masih SD, guru-gurunya sangat kerepotan dengan polahnya di kelas. Anak saya tidak bisa duduk manis di kelas dan diam. Pola belajar di sekolahnya saat itu sebagian besar di dalam kelas sehingga mengakibatkan dia agak tersiksa. Setiap saat dia berkeliling kelas, melihat-lihat tugas teman-temannya dan terkesan mengganggu ketertiban.  Banyak teman-temannya yang menganggap anak saya "berbeda dan aneh" sehingga terjadi "bulliying" terhadapnya. Saat dit