Langsung ke konten utama

Tips agar pembaca datang lagi dan lagi ke blog kita

Saya hadir pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2017, dalam acara workshop yang di selenggarakan oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) di Burger King, Plaza Festival, Jakarta Selatan. Acara ini membahas "10 Quick Tips on Content Marketing" dan "How to win a blogging contest" dan diselenggarakan atas dukungan dari CNI, sebuah perusahaan MLM. Dua topik ini sengaja saya pisahkan penulisannya agar lebih fokus pada bahasan masing-masing.


mas Niko Riansyah - dokumen pribadi
Topik konten marketing di bawakan oleh mas Niko Riansyah, seorang Digital Marketing Specialist, yang menjelaskannya dalam bentuk point-point yang ringkas dan mudah di pahami. Begini menurut beliau :

10 Quick Tips on Content Marketing

  1. Baca, baca dan baca 
  2. membaca - dokumen pribadi
    • Sering sekali saya mendengar tentang hal ini. Penulis yang hebat adalah pembaca yang kuat. Yesssss, bahkan suami saya selalu membelikan buku-buku yang baik menurutnya untuk saya baca karena dia tahu saya sedang hobi menulis ini dan itu.
  3. Identifikasi dan pahami target audiens 
    • Kenali dan tempatkan diri kita dalam posisi pembaca saat menulis, baik secara gender, umur, ketertarikan, hobby dan lain-lainnya 
  4. Cari konten yang relevan secara kontinu
    • Ikuti news trend yang ada tetapi sesuaikan dengan personal branding kita sehingga pembaca merasa tetap membaca artikel "gaya kita".
  5. Buat artikel kita bebas di baca
    • Banyak pembaca yang malas melakukan registrasi ataupun melakukan langkah-langkah pembatasan saat membuka blog sehingga memilih untuk keluar dari blog tanpa membaca. Jadi, buatlah artikel kita bebas di baca dan mudah di jangkau, kalau istilah saya siy "user friendly"
  6. Update Blog secara rutin
  7. update blog supaya tidak di tinggalkan pembaca - dokumen pribadi
    • Blog perlu di kelola dengan baik dan di isi secara rutin agar tidak ditinggalkan pembaca karena banyak "sarang laba-laba" saking lama tidak di updated
  8. Jangan pernah copy paste
    • Menulis dengan inspirasi tulisan orang lain bisa saja tetapi jangan pernah menuliskannya kembali dengan cara "copy paste". Big NO ya friend, ketahuan pasti deh.
  9. Kreatif dan unik
    • Banyak pembaca menyenangi penulis yang memiliki gaya khas dalam penulisannya, yang tidak ditemui pada penulis lain. So... be the one, gays...
  10. Kekuatan sosial media
    • Nah, hal ini adalah wajib untuk masa kini karena penyebaran melalui sosial media sangat cepat dan mudah menjangkau pembaca. Dengan ulasan singkat atau pengantar yang menarik, pembaca baru juga mudah terjaring.
  11. Gunakan tenaga bantuan
    • Kita dapat menggunakan buzzer dalam penyebaran artikel kita sehingga menjangkau kalangan yang lebih luas lagi. Buat saya siy gampangnya, minta teman dekat atau keluarga kita untuk membantu share artikel yang di rasa berguna bagi dirinya.
  12. Ukur secara kuantitatif dan lakukan penyesuaian
    • Saya percaya segala sesuatu yang kita ukur secara kuantitatif pasti dapat di tingkatkan. Salah satu cara untuk mengukur adalah menggunakan aplikasi Google Analytic pada blog agar kita dapat melakukan peningkatan dalam blog yang kita kelola.

Kesimpulannya :

Tulislah sesuatu yang sedang trend dengan gaya kita sendiri sesuai dengan target audiens. Sebarkan pada banyak orang melalui sosial media dan bantuan orang lain. Kemudian ukur tingkat keberhasilan setiap artikel sehingga kita dapat meningkatkan terus konten pada artikel berikutnya.

Terus terang saya juga masih tahap belajar menerapkan hal-hal di atas dan belum sepenuhnya berhasil. Hahaha... Tapi semoga bermanfaat bagi para penulis lain yaaa...


Komentar

  1. Ulasan keren. Saya belajar banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendengar dan menuliskan kembali itu belajar 2x ya mbak..

      Hapus
  2. Betul banget, pelajari yang sedang trend sebelum kita menulis itu lebih banyak keuntungannya. Jadi lebih banyak juga dikunjunginya.

    BalasHapus
  3. Ternyata identifikasi pembaca blog kita penting y Mba Agahtha

    BalasHapus
  4. Penjelasannya lengkap bangetba, wah masih harus banyak belajar saya. Makasih untuk sharing infonya mba

    BalasHapus
  5. Thanks yaa atas sharingnya... ini bermanfaat banget buat ikut lomba blog nanti... :)

    BalasHapus
  6. Kalau baca judul nya jadi ingat tagline iklan coklat. Semoga blog kita jadi terus di ingat dan di baca, plus bisa memberikan solusi kaya semanis coklat

    BalasHapus
  7. Saya termasuk pribadi yang langsung mundur cantik saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    BalasHapus
  8. Harus menyasar pasar juga ya, perlu target yang pas biarpun buat pembaca blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata teh... belajarrrrrr terus sayahhhh

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara. Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll. dokumen pribadi Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini.  Untuk kesekian

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...   Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai  portal otomotif nomor 1  dan  V Kool Indonesia  bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi leb

Tingkatkan Kemampuan Anak Dengan Belajar Di Luar Kelas

Belajar untuk orang-orang jaman old itu duduk manis, tangan dilipat sambil melototin buku di depan mata, gitu deh.... Padahal sebagai orang yang pernah menjadi anak-anak, semestinya kita menydaari bahwa model belajar diluar kelas justru lebih melekat hasilnya. Tidak hanya terbatas untuk anak-anak; sebagai orang dewasa, kita juga lebih rileks berada di luar ruangan di bandingkan harus terkungkung dalam cubical ruang kantor toh? Anak saya adalah salah satu pecinta kegiatan belajar di luar kelas. Itu sebabnya saat dia masih SD, guru-gurunya sangat kerepotan dengan polahnya di kelas. Anak saya tidak bisa duduk manis di kelas dan diam. Pola belajar di sekolahnya saat itu sebagian besar di dalam kelas sehingga mengakibatkan dia agak tersiksa. Setiap saat dia berkeliling kelas, melihat-lihat tugas teman-temannya dan terkesan mengganggu ketertiban.  Banyak teman-temannya yang menganggap anak saya "berbeda dan aneh" sehingga terjadi "bulliying" terhadapnya. Saat dit