Skip to main content

Susu sapi untuk sapi... Susu kental manis, apa kabar ?

Susu sapi untuk sapi dan ASI untuk manusia.... Benarkah demikian ? Ya benar siy, yang pasti begitu. Tapi apakah jadi salah jika anak manusia meminum susu sapi sebagai pengganti ASI ? Apa siy sebenarnya yang dibutuhkan oleh bayi dan anak-anak bahkan orang dewasa dari susu ? Ada banyak jenis susu, yang mana yang benar-benar susu ?
Kompeni Sehat ( Komunitas Penulis Kesehatan) - dokumen pribadi
Siang tadi saya menghadiri sebuah diskusi tentang gizi, terutama pemilihan susu untuk bayi dan anak, yang seru dan menyenangkan bersama belasan orang blogger. Acara ini di selenggarakan oleh kominitas ISB di Sleepyhead Coffee, sebuah cafe mungil di jalan Gunawarman, Jakarta Selatan. Acara yang didukung oleh Kompeni Sehat ini menggandeng nara sumber dr. Martin Leman,SpA yang berpraktek di RS Harapan Bunda.

Kali ini acaranya berbeda format dari yang biasa, karena bentuknya diskusi yang berjalan sangat "sersan" alias serius tapi santai. Dokter Martin, yang juga seorang jurnalis membawakan topik ini dengan metode tanya jawab dan membahasnya dengan bahasa awam yang tidak menyulitkan untuk kami yang sebagian tidak begitu fasih dengan bahasa teknis kedokteran.
dr. Martin Leman, SpA - dokumen pribadi
Hasil tanya jawab ini dapat saya rangkum sebagai berikut :

Mengenai Air Susu Ibu 

Adalah benar susu terbaik untuk bayi adalah ASI selama 6 bulan secara ekslusif dan dapat di berikan sampai anak usia 2 tahun. Kualitas ASI setiap ibu berbeda, tergantung pada nutrisi, pola hidup dan kesehatan ibu. Jika memang ibu tidak dapat menyusui bayinnya walaupun sudah di usahakan dengan berbagai cara, tentunya tidak mungkin membiarkan bayi tanpa susu. Konsultasikan dengan dokter dan berikan yang terbaik sebagai solusi mengganti ASI. 

Tidak perlu merasa terintimidasi dengan polemik dan tudingan-tudingan seperti yang di lancarkan di media sosial akhir-akhir ini mengenai menyusui atau tidak menyusui. Jika memang tidak dapat di lakukan, berikan susu formula setelah di konsultasikan dengan dokter. Jadi, tidak ada yang salah jika anak manusia meminum susu sapi atau susu kedele (karena beberapa orang alergi terhadap kandungan yang ada dalam susu sapi) asal sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan ASI pun menurun kualitasnya sejalan dengan waktu. Itulah salah satu sebab mengapa ASI ekslusif hanya 6 bulan untuk kemudian bayi diajarkan mengkonsumsi makanan pendamping ASI. 

Mengenai ASI ini, saya memiliki pengalaman pribadi karena memang saya tidak menyusui anak saya semata wayang itu. Mungkin saya beruntung memiliki bayi saat dunia maya belum ada sehingga tidak heboh seperti sekarang ini. Tetapi saya dapat meyakinkan para ibu, yang saya tahu rasa sedihnya tidak dapat menyusui bayinya, bahwa anak kita bisa sama sehatnya dan sama dekatnya dengan kita seperti anak yang disusui langsung oleh ibunya. Percayalah bahwa selalu ada solusi untuk hidup yang sehat dan bonding yang kuat antara ibu dan anak, diluar kegiatan menyusui.

Mengenai jenis-jenis susu

Susu di pasaran sangat beragam jenisnya, ada susu formula bubuk, ada susu cair evapored, susu UHT, susu condensed atau juga susu kental manis. Susu evapored adalah susu yang dibuat dengan cara diuapkan sedangkan susu UHT dibuat dengan cara dipanaskan dengan suhu tertentu dan didinginkan dengan cepat. Susu evapored tanpa tambahan gula di sebut condensed milk dan rasanya tawar. Jika ditambahkan gula, di sebut susu kental manis.

Condensed milk dan susu kental manis sejatinya berguna untuk topping makanan dan bukan untuk di konsumsi sebagai minuman. Jadi jelas peruntukanya tidak boleh di berikan untuk bayi atau anak-anak sebagai pengganti susu apalagi pengganti ASI. Susu kental manis rata-rata memiliki > 50% kandungan gula sehingga terlalu banyak kalorinya dan kandungan protein serta kalsiumnya tidak mencukupi. Di Indonesia dengan iklan susu kental manis yang menggunakan bintang iklan anak-anak dan harga yang murah, banyak ibu-ibu menjadikannya pilihan. Jadi perlu edukasi lebih lanjut untuk ibu-ibu ini agar anak-anak memperoleh asupan nutrisi yang benar untuk tumbuh kembangnya.

Susu bubuk formula bervariasi harganya tergantung pada produsennya mendapatkan bahan baku dari mana, di produksi dimana dan dengan biaya-biaya lainnya. Yang terpenting sebenarnya adalah kandungan utamanya sesuai kebutuhan. Mengenai bahan tambahan itu hanyalah bagaimana produsen mengemas keterangannya.


Sampai kapan kita perlu minum susu

Susu sebenarnya hanyalah salah satu jenis alternatif makanan yang manfaatnya baik. Tetapi jika kita sudah mengkonsumsi berbagai makanan dengan nutrisi  dan asupan gizi yang mencukupi, susu tidak lagi menjadi hal yang wajib. Yang penting kita makan dengan asupan nutrisi yang seimbang untuk pertumbuhan dan keberlangsungan hidup saat dewasa.


Demikianlah hal-hal yang saya dapatkan dari diskusi tadi sore. Semoga dapat memberikan informasi tambahan untuk ibu-ibu dan para calon nenek (temen-temen saya sudah ada yang kategori ini hahaha....)

Comments

  1. Nice info Kaka ternyata skm tuh bukan susu ya

    ReplyDelete
  2. SKM buat toping aja, buat selai ajaaaa :D

    ReplyDelete
  3. SKM ternyata kadar gulany tinggi y mba pantas ank2 sukA, lbh baik tdk d jdikan minuman pokok y

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak yang terbiasa minum / makan manis pasti doyan banget

      Delete
  4. Tidak perlu minum susu lagi kalau nutrisi dalam makanan sudah tercukupi ya...

    ReplyDelete
  5. Okee jadi SKM hanya untuk toping ya,,bukan untuk diminum.

    ReplyDelete
  6. Iya juga. Iklan SKM di Indonesia ngga seberapa beda sama iklan susu biasa. Jadi kesannya sama. Padahal ternyata beda komposisi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. khawatir aja kalau salah ngerti

      Delete
  7. Harus jadi perhatian orang tua ya . Bukan masalah murah/mahal susu itu. Tapi apakah benar didalamnya terkandung nutrisi untul tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah tapi gak sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan judulnya mubazir yaksss

      Delete
  8. Harus jadi perhatian orang tua ya . Bukan masalah murah/mahal susu itu. Tapi apakah benar didalamnya terkandung nutrisi untul tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  9. Sayapun konsumsi susu tuk anak yng bubuk,kalau kental hanya untuk buat Sop buah.

    ReplyDelete
  10. nah kan dapat info baru klo skm bukan susu dan lebih baik buat dessert

    ReplyDelete
  11. Sungguh diskusi yang sangat mencerahkan ya Mba Agatha, semoga makin banyak orang tua yang aware akan penggunaan SKM ini ya. Sesuatu hal yang berbau manis-manis itu emang paling disukai anak-anak hehe.

    Salut sama mba Agatha yang masih tetap bisa menjaga bonding dengan anaknya walapun tidak menyusui kala itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu maksa bonding soalnya memang gak keluar ASI. kalau gak tar jadi anak mbak dunk... hahaha

      Delete
  12. Anakku ini penyuka susu banget, mulai dari susu bubuk, susu cair uht dan pernah jg minum SKM. Ok next untuk SKM baiknya buat toping roti aja ya, makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama gak konsumsi SKM, enakan bubuk buat dicemilin atau UHT, tinggal minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bukan cemilan cepuluh cebelas kan mbak...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…