Skip to main content

Edukasi Kesehatan Remaja Untuk Generasi Penerus Bangsa

Kita selalu percaya bahwa generasi masa depan ditentukan oleh kualitas generasi remaja saat ini. Tingkat kesehatan mereka saat ini akan melahirkan generasi yang lebih berkualitas di masa depan. Jadi, sangatlah penting mereka diberikan edukasi tentang kesehatan yang benar demi generasi penerus bangsa yang lebih baik.  

Remaja Sehat - Image by manseok_kim, pixabay.com
Remaja dan Kesehatan

Remaja putri tentunya akan menjadi ibu dari anak-anak yang akan melanjutkan kehidupan nanti. Remaja putra juga akan menjadi kepala rumah tangga yang harus memimpin dan menjadi panutan anak-anak mereka. Itulah mengapa pengetahuan mereka tentang gizi seimbang, kesehatan reproduksi dan pembentukan karakter menjadi sangat penting.

Masalah Kesehatan Pada Remaja

Remaja seperti pada umumnya memiliki dunia sendiri yang penuh dengan dinamika. Kesibukan menuntut ilmu, perbedaan pandangan dengan orangtua, perubahan bentuk tubuh dan kesatbilan emosi biasanya membuat banyak masalah remaja.

Remaja putri mulai memikirkan bentuk tubuh yang lebih sempurna, apalagi dengan hiruk pikuk media sosial saat ini yang penuh dengan foto-foto selfi. Kebutuhan untuk unggaham sempurna cukup menekan ego mereka. Bagi sebagian remaja, hal ini menimbulkan keinginan untuk diet demi bentuk tubuh yang bisa dipamerkan. Cara diet yang salah bisa mengakibatkan tingkat kesehatan yang memburuk. 

Beberapa remaja putra yang mulai tumbuh dewasa juga mulai mengenal perilaku yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras, pornografi dan kekerasan sebagai pembuktian bahwa dirinya adalah "laki"

Masalah Remaja - Image by anemone123 pixabay
Edukasi Kesehatan Remaja

Nah, bagaimana ya sebaiknya mengatasi ini? Harus dunk ada edukasi kepada mereka-mereka ini agar kedepan kita dipimpin oleh generasi yang lebih baik.

DUTA GESID

Ternyata ada looo program dan kegiatan edukasi yang bagus sekali dan sudah mulai berjalan saat ini. GESID adalah program peningkatan kesadaran remaja usia SMP dan SMA agar hidup lebih sehat yang dibuat oleh Danone Indonesia. GESID (Generasi Sehat Indonesia) ini salah satu kegiatan yang dapat mendukung terciptanya Suistainable Development Goal sesuai harapan pemerintah dan harus didukung oleh segenap masyarakat.

Program inisiasi Danone Indonesia saat ini baru dijalankan di 10 sekolah di sekitar ibukota dan akan terus dikembangkan ke daerah-daerah lain. Program ini dimulai dengan memilih 60 remaja berprestasi untuk menjadi Duta GESID. Duta inilah yang akan melakukan edukasi tentang kesehatan kepada teman-temannya. Mengapa harus demikian?

Program Gesid
Program GESID

Remaja biasanya mendengarkan teman sendiri lebih daripada orangtua ataupun guru. Jadi para Duta GESID ini akan melakukan edukasi pada temannya dengan "cara dan bahasanya" sendiri. Dengan cara ini, diharapkan remaja akan lebih paham dan tidak bosan karena dikemas dengan gaya mereka sendiri. Jadi bisa dibilang Duta GESID ini adalah peer influencer bagi teman-temannya. 

Program GESID ini memiliki 3 buah modul yang saling mendukung :

  1. Aku Peduli
    • Dalam tahap ini, para duta diberikan bekal pengetahuan tentang ciri pubertas, kesehatan reproduksi, kehamilan, 1.000 hari pertama kehidupan.
  2. Aku Sehat
    • Disini remaja akan belajar tentang gizi seimbang dan menjaga kesehatan dari sisi nutrisi. Termasuk kesalahan dalam pola diet ataupun malnutrisi.
  3. Aku Bertanggungjawab
    • Bahasan tentang tanggungjawb adalah bahasan tentang pernikahan dan pembentukan karakter remaja.

Program ini menyediakn juga buku panduan yang dibuat oleh Danone Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekology Manusia IPB. Peluncuran buku ini dilaksanakan pada  tanggal 14 Desember 2020 melalui YouTube Live dan aplikasi Zoom. Buku mejadi alat panduan tentang edukasi gizi dan kesehatan dan dilengkapi dengan modul interactive untuk memudahkannya.

Jadi, program GESID ini dilaksanakan dengan melalui konten-konten edukasi di media sosial. Hampir seluruh media sosial digunakan sesuai dengan trend remaja saat ini. Penyampaian yang cenderung santai dengan gaya kekinian dan bahasa remaja, diharapkan dapat diserap dengan baik oleh remaja pengguna konten.

Didalamnya terdapat banyak edukasi gizi, kesehatam dan pendidikan karakter yang dapat dijadikan modal kesehatan pribadi remaja hingga dewasa nanti. Dengan program ini, masalah gizi remaja seperti malnutrisi, anemia, body image dan perilaku yang salah diharapkan dapat diminimalisir.

Yukkksss remaja, belajar lebih banyak untuk kesehatan!

Comments

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara. Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll. dokumen pribadi Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini.  Untuk kesekian

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...   Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai  portal otomotif nomor 1  dan  V Kool Indonesia  bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi leb

Tingkatkan Kemampuan Anak Dengan Belajar Di Luar Kelas

Belajar untuk orang-orang jaman old itu duduk manis, tangan dilipat sambil melototin buku di depan mata, gitu deh.... Padahal sebagai orang yang pernah menjadi anak-anak, semestinya kita menydaari bahwa model belajar diluar kelas justru lebih melekat hasilnya. Tidak hanya terbatas untuk anak-anak; sebagai orang dewasa, kita juga lebih rileks berada di luar ruangan di bandingkan harus terkungkung dalam cubical ruang kantor toh? Anak saya adalah salah satu pecinta kegiatan belajar di luar kelas. Itu sebabnya saat dia masih SD, guru-gurunya sangat kerepotan dengan polahnya di kelas. Anak saya tidak bisa duduk manis di kelas dan diam. Pola belajar di sekolahnya saat itu sebagian besar di dalam kelas sehingga mengakibatkan dia agak tersiksa. Setiap saat dia berkeliling kelas, melihat-lihat tugas teman-temannya dan terkesan mengganggu ketertiban.  Banyak teman-temannya yang menganggap anak saya "berbeda dan aneh" sehingga terjadi "bulliying" terhadapnya. Saat dit