Langsung ke konten utama

Perusahaan Ramah Keluarga Untuk Pekerja Perempuan


Jumlah eksekutif perempuan di Indonesia jumlahnya cukup besar tetapi perlindungan terhadap pekerja perempuan masih perlu banyak perbaikan. Perlindugan perempuan ini tidak hanya kesetaraan gender tetapi juga terkait dengan peran perempuan terhadap anak-anaknya.

Perusahaan Ramah Keluarga
Perusahaan Ramah Keluarga

Jaman sekarang, perempuan bekerja itu lumrah dan perannya dalam perusahaan juga terus meningkat. Tetapi pekerjaan domestik rumah tanggapun tidak lepas dari para perempuan pekerja ini. Apalagi di masa pandemi, dimana ibu juga harus membantu anak-anak sekolah melakukan aktivitas belajar di rumah. Komplit bener dah tugasnya, jadi ibu, pekerja, guru, dan berbagai tugas lainnya.

Peran ibu untuk menyiapkan anak-anaknya menjadi Generasi Maju, sangat membutuhkan dukungan dari perusahaan tempatnya bekerja. Dukungan ini dapat dimulai sejak para pekerja perempuan hamil, melahirkan dan menyusui. Salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan hal ini adalah Danone Indonesia.

Apa saja yang dilakukan Danone Indonesia?

Danone sudah terkenal sebagai Perusahaan Ramah Keluarga yang Membantu Perempuan untuk Siapkan Generasi Maju. Danone sudah memberikan cuti berbayar 6 bulan untuk perempuan yang melahirkan dan bahkan cuti 10 hari untuk para suami untuk mendampingi istri dan anak yang baru dilahirkan.

Banyak hal yang Danone lakukan untuk mendukung perempuan bekerja, seperti : pemantauan gizi anak pekerja perempuan selama 1.000 hari pertama kehidupan dan ruang laktasi di tempat kerja, disamping asuransi kesehatan.

Tahun ini, dilakukan juga pendampingan karyawan perempuan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif dan dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun (DANISA) - Danone Indonesia Mengasihi. Hal ini dapat menambah rasa percaya diri pada pekerja perempuan.

Untuk masyarakat luas, Danone sering memberikan informasi dan edukasi melalui kegiatan Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat, Rumah Tempe, Aqua Home Sevice dan Recycle Business Unit. Salah satu yang saya ikuti adalah Webminar yang bertajuk Pemberdayaan Wanita Di Lingkungan Kerja pada tanggal 8 Maret 2022 yang bertepatan dengan peringatan #WomenInternationalDay2022 yang bertemakan #BreakTheBias.

Untuk memberikan akses untuk masalah kesehatan ibu dan anak, Danone menyediakan layanan Careline untuk konsultasi mengenai tumbuh kembang anak yang optimal. Konsultasi dapat dilakukan selama 24 jam melalui banyak channel, yaitu telpon bebas pulsa, email, medsos atau whatapps Setiap hari Careline menjawab lebih 2.000 dari pertanyaan. Semuanya dijawab oleh para profesional seperti bidan, perawat, nutrisionis dan psikolog. Layanan bebas pulsa dapat dijangkau dengan nomor 08001 360 360.

Bagaimana Menjadi Perusahaan Ramah Keluarga?

Mencapai kondisi seperti Danone Indonesia yang siap 24 jam menjadi Partner Ibu Wujudkan Generasi Maju tentu tidak mudah. Tetapi perusahaan-perusahaan lain perlu memiliki pemikiran baru mengenai hal tersebut Karena diyakini bahwa, menjadi perusahaan yang ramah keluarga ada hubungannya dengan produktivas yang lebih baik, dapat memotivasi dan mempertahankan karyawan.

Setiap perusahaan tentunya berbeda situasi dan kondisi, yang sulit disamakan kebijakannya. Diperlukan cara pandang baru untuk menerapkan kondisi Ramah Keluarga. Tidak mudah tetapi bukan tidak mungkin. Saat ini di masa pandemi, hampir seluruh pekerjaan dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Walaupun itu terpaksa, nyatanya kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar.

Memulai manjadi perusahaan ramah keluarga bisa di lakukan secara bertahap dan berkesinambungan, misalnya :

  1. Memberi kesempatan berkarir yang luas bagi perempuan
    • Kesetaraan gender untuk meraih karir sampai posisi puncak
  2. Cuti melahirkan yang layak
    • Mulai dengan minimal sesuai UU dan kemudian ditingkatkan
  3. Fasilitas ruang laktasi
    • Hal ini sudah mulai umum di sebagian tempat
  4. Bimbingan pada yang masuk kerja setelah cuti melahirkan
    • Situasi dan kondisi pekerjaan mungkin agak berbeda sehingga perlu membentuk kebiasan baru
  5. Lingkungan yang bebas pelecehan
  6. Mengadakan fasilitas olahraga untuk keseimbangan hidup bekerja
  7. Mengadakan kelas parenting
    • mengundang pembicara untuk memberikan masukan tentang kesehatan ibu dan anak
Yukssss bisa yuksss... Demi Generasi Maju!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara. Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll. dokumen pribadi Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini.  Untuk kesekian

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...   Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai  portal otomotif nomor 1  dan  V Kool Indonesia  bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi leb

Tingkatkan Kemampuan Anak Dengan Belajar Di Luar Kelas

Belajar untuk orang-orang jaman old itu duduk manis, tangan dilipat sambil melototin buku di depan mata, gitu deh.... Padahal sebagai orang yang pernah menjadi anak-anak, semestinya kita menydaari bahwa model belajar diluar kelas justru lebih melekat hasilnya. Tidak hanya terbatas untuk anak-anak; sebagai orang dewasa, kita juga lebih rileks berada di luar ruangan di bandingkan harus terkungkung dalam cubical ruang kantor toh? Anak saya adalah salah satu pecinta kegiatan belajar di luar kelas. Itu sebabnya saat dia masih SD, guru-gurunya sangat kerepotan dengan polahnya di kelas. Anak saya tidak bisa duduk manis di kelas dan diam. Pola belajar di sekolahnya saat itu sebagian besar di dalam kelas sehingga mengakibatkan dia agak tersiksa. Setiap saat dia berkeliling kelas, melihat-lihat tugas teman-temannya dan terkesan mengganggu ketertiban.  Banyak teman-temannya yang menganggap anak saya "berbeda dan aneh" sehingga terjadi "bulliying" terhadapnya. Saat dit