Skip to main content

Healthy Eating Habit dimulai pada usia dini

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan sehat yang kudu ada dan musti dimakan tiap hari, betul buibuk ??? Semua orang yakin bahwa sayuran dan buah-buahan adalah makanan sehat yang wajib kita konsumsi setiap hari. Tetapi banyak sekali orangtua yang merasa kesulitan memberikan jenis makanan ini kepada anak-anaknya. Seiring dengan serbuan makanan ringan dan restoran fast food yang bertebaran, bertambahlah pe er orangtua untuk mendorong anak-anak memakan sayur dan buah-buahan.

Jawaban atas beberapa pertanyaan mengenai hal ini, saya dapatkan saat menghadiri lauching jingle lagu baru dan peluncuran program PAUD Healthy Eating Habit yang di selenggarakan oleh SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur, sebagai dukungan terhadap program pemerintah Gerakan Masyarakat Sehat.

Program Healthy Eating Habit (HEH)

Program HEH sudah dilakukan oleh SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur sejak tahun 2016 dengan proyek percontohan pada 6 PAUD. Tahun ini programnya akan di mulai hari Senin, 13 Maret 2017 dengan menjangkau 20 PAUD selama 6 minggu secara berkala. Program ini tidak hanya menyasar anak-anak murid saja, tetapi juga memberikan kelas parenting dan cooking untuk guru dan orangtua. Untuk anak-anak program di desain sesuai dengan kemampuan anak-anak, yaitu melakukan permainan, membuat kerajinan tangan, berkebun mini serta gerak dan lagu melalui jingle SGM Eksplor yang baru. Tujuannya adalah membuat anak-anak mengenal dan meningkatkan kesukaan anak-anak terhadap sayuran dan buah-buahan.

Program ini adalah bentuk dukungan program pemerintah dari PT. Sari Husada dimana perusahaan tidak hanya mengembangakan produk dan sisi pemasaran saja, tetapi juga mengembangkan masayarakat Indonesia pada umumnya, seperti yang di jelaskan oleh Bapak Arif Mujahidin, Communication Director Danone Indonesia (holding company).



dok. pribadi

Banyak informasi tentang sayuran dan buah-buahan yang saya dapat dari mendatangi event ini, seperti saya tuliskan di bawah ini.

Mengapa sayuran dan buah-buahan penting untuk di konsumsi ?
  1. Melancarkan pencernaan, mengurangi resiko sembelit dan mencegah pendarahan/penyakit usus
  2. Membantu pertumbuhan karena vitamin dan mineralnya membantu proses akumulasi massa tulang
  3. Memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan
  4. Meningkatkan proses belajar dan untuk membantu memori jangka panjang
Bagaimana sebenarnya pembagian porsi makanan yang benar ?
  • 50% terdiri dari sayuran dan buah-buahan
  • 25% berbentuk protein, sebaiknya perbanyak konsumsi ikan
  • 25% berbentuk karbohidrat 
Bagaimana supaya anak mau makan sayuran dan buah-buahan :
  1. Sediakan selalu di rumah
  2. Hidangkan salad dan lalapan lebih sering
  3. Coba buat resep vegetarian
  4. Selalu memasak sekurangnya 1 sayur hijau atau kuning ber vitamin A perhari ( brocoli/bayam/wortel)
  5. Selalu menyediakan satu jenis buah-buahan ber vitamin C perhari ( jeruk/strawberry/semangka)
  6. Berikan sayuran dan buah-buahan sebagai snack / cemilan
  7. Orangtua memberikan contoh memakan sayuran dan buah-buahan

Feeding style

Kadang-kadang anak-anak sulit mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai akibat dari cara memberi makan (feeding style) yang salah, seperti mencekoki sayuran, memberi makan sambil anak menonton TV atau bermain, Harus disadari feeding style yang benar dapat memberikan pengaruh baik dalam berbagai aspek :
  • Fisik, membantu mengurangi obesitas
  • Kognitif, membantu belajar konsentrasi 
  • Bahasa, memeperluas kosa kata
  • Emosi, belajar ketekunan dan mengatur emosi
  • Sosial, belajar etiket makan

Hhhmmm..... Saya beruntung memiliki anak tunggal yang tidak punya kesulitan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tetapi saya memiliki banyak teman dan sahabat yang memiliki anak, keponakan, anak tetangga, dan lain-lain yang mengunci mulutnya saat di sajikan sayuran dan buah-buahan. Hahahahahaaaa...

Semoga tulisan ini bermanfaat yaaaa.... 





Comments

  1. Senang ya kalau anak doyan sayur dan buah itu. Saya masih kesulitan mengajari anak saya sendiri makan tanpa sambil nonton. Bukan masalah tidak doyan makannya, dia hanya perlu perubahan suasana ketika makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak... tiap anak berbeda. Semangatttttt ya...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…