Skip to main content

Mudik aman dan nyaman

Lebaran adalah hajatan besar dengan persiapan oleh semua pihak baik yang merayakan maupun yang tidak merayakannya. Banyak sekali aspek yang terkait dalam masa-masa ini, utamanya mengenai mudik untuk bertemu keluarga besar di kampung halaman dan rumah kosong yang ditinggal mudik. Untuk urusan mudik meninggalkan rumah yang kosong, ada beberapa tips :
  1. Rumah dan kendaraan di tinggalkan dalam keadaan terkunci
  2. Nyalakan lampu secukupnya agar rumah tidak terkesan kosong sama sekali sehingga mengundang pencuri. Bisa gunakan sensor lampu yang menyala otomatis saat mulai senja dan mati ketika matahari sudah mulai terbit.
  3. Matikan alat listrik yang tidak di gunakan dan cabut kabel dari stop kontak agar mengurangi resiko konsleting saat tidak ada orang dirumah
  4. Matikan alat elektronik yang tidak di pakai 
  5. Jauhkan benda yang mudah terbakar dari alat-alat elektronik
  6. Cabut regulator gas dan pastikan kompor dalam keadaan mati
  7. Tutup keran air di semua titik
  8. Kalau bisa titipkan rumah pada tetangga / RT  yang tidak mudik, untuk bisa cek kondisi rumah kita secara berkala



Untuk yang mudik dengan kendaraan pribadi, mohon di perhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Untuk jarak jauh, sebaiiknya tidak mengendarai sepeda motor karena cenderung melelahkan dan kurang aman
  2. Rencanakan rute perjalanan dan pelajari kondisi nya sebelum berangkat sehingga tidak membuang waktu akibat salah mengambil rute atau kondisi jalan tidak dapat dilalui
  3. Cek kondisi cuaca dan daerah rawan bencana yang mungkin akan dilewati
  4. Pastikan mobil laik jalan saat di gunakan, cek kondisi mesin, aki, air radiator, air wiper, tekanan ban, dll
  5. Isi full tangki bensin saat berangkat
  6. Untuk urusan BBM, saat tangki dalam kondisi setengah penuh, segera isi di pom bensin terdekat sehingga tidak terjadi kehabisan bensin saat terjadi kemacetan yang tidak terprediksi di saat-saat seperti ini
  7. Download aplikasi mengenai informasi tentang jalur mudik dan tempat tempat pengisian BBM yang dilewati ( bisa download aplikasi Pertamina Go)
  8. Tentunya pastikan pulsa dan paket data operator telpon terisi cukup untuk dapat berkomunikasi dengan kerabat di kampung halaman dan untuk mengecek kondisi rumah yang di tinggalkan serta untuk menggunakan aplikasi sepanjang perjalanan.

Kesiapan pemerintah dalam antisipasi arus mudik 





Ternyata pemerintah melalui kementerian ESDM dan Pertamina sudah siap looo untuk antisipasi segalam kebutuhan para pemudik, terutama dalam mengantisipasi kelangkaan BBM saat terjadi kemungkinan macet di tengah perjalanan. Berbagai posko BBM tambahan di dirikan bahkan di lengkapi dengan berbagai fasilitas untuk istirahat bagi para pemudik. Juga di tambah dengan layanan pengantaran BBM dengan motor untuk kondisi darurat kehabisan BBM, misalnya di jalan tol yang tidak ada pom bensin terdekat. Pertamina juga meluncurkan aplikasi Pertamina Go, yaitu aplikasi berbasis GPS yang dapat di download dengan app store maupun google play yang memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan mini games Go, dapat mengatur jadwal service kendaraan dan penggantian stnk, sehingga sifatnya tidak hanya informasi tetapi juga memberikan tambahan kegunaannya.

Mudik jadi terasa lebih aman dan nyaman ya guyssss....
Selamat mudik yaaa.... selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Comments

Post a comment

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…

Tingkatkan Kemampuan Anak Dengan Belajar Di Luar Kelas

Belajar untuk orang-orang jaman old itu duduk manis, tangan dilipat sambil melototin buku di depan mata, gitu deh.... Padahal sebagai orang yang pernah menjadi anak-anak, semestinya kita menydaari bahwa model belajar diluar kelas justru lebih melekat hasilnya. Tidak hanya terbatas untuk anak-anak; sebagai orang dewasa, kita juga lebih rileks berada di luar ruangan di bandingkan harus terkungkung dalam cubical ruang kantor toh?
Anak saya adalah salah satu pecinta kegiatan belajar di luar kelas. Itu sebabnya saat dia masih SD, guru-gurunya sangat kerepotan dengan polahnya di kelas. Anak saya tidak bisa duduk manis di kelas dan diam. Pola belajar di sekolahnya saat itu sebagian besar di dalam kelas sehingga mengakibatkan dia agak tersiksa. Setiap saat dia berkeliling kelas, melihat-lihat tugas teman-temannya dan terkesan mengganggu ketertiban. Banyak teman-temannya yang menganggap anak saya "berbeda dan aneh" sehingga terjadi "bulliying" terhadapnya.
Saat ditegur oleh g…