Skip to main content

#jalaninbareng Risiko Finansial Akibat Penyakit Kritis

Suatu malam beberapa tahun lalu saat saya masih sebagai seorang karyawan, saya mendengar nada "whatsapp" berbunyi beberapa kali. Karena saya sangat mengantuk, saya tidak menghiraukannya.  Tetapi karena kemudian terus menerus berbunyi tanda banyak pesan masuk, saya tergoda juga untuk bangun. Dan saat tangan saya mulai mencari kacamata baca, telpon berdering tanda panggilan masuk. Terdengar nada terburu-buru dan panik, "Mey. si X meninggal." 

HAH??? Rasanya tidak percaya sama sekali. Usianya masih satu tahun dibawah saya, masih muda dunk artinya yaaaa... #dilarangprotes. Dan yang lebih mengagetkan, karena yang bersangkutan masih aktif menjawab pesan-pesan dalam "whatsapp group" satu jam sebelum meninggal. JANTUNG, begitu kata rekan kerja saya di ujung telpon. 

Langsung otak saya terpikir istri dan 3 orang anaknya yang masih usia sekolah dan mengandalkan beliau sebagai pencari nafkah. Duhhhh... bagaimana ini? Bersyukur pada akhirnya karena pemilik perusahaan tempat saya bekerja memberikan kesempatan kepada sang istri untuk bekerja di perusahaan tersebut. Nah, seberapa banyak pemilik perusahaan dapat memberikan kesempatan yang seperti itu? Bagaimana jika tidak ada solusi itu? gak kebayang saya... 
sakit itu mahal ( pict. dokpri)
Jantung adalah salah satu jenis penyakit kritis. Jadi, penyakit kritis itu apa siy? Penyakit kritis adalah suatu kondisi/penyakit yang mengancam jiwa dan berakibat kematian. Pasien biasanya mengalami disfungsi atau kegagalan dari satu atau lebih fungsi organ/sistem organ. Hal tersebut mengakibatkan kelangsungan hidup pasien tergantung pada perawatan atau bahkan pemantauan alat-alat canggih. Beberapa penyakit kritis yang sangat di kenal adalah penyakit jantung koroner (PJK), stroke dan kanker.  


Penyakit Jantung

Penyakit ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke arah jantung. Hal ini bisa terjadi akibat timbunan lemak dalam arteri jantung yang di sebut aterosklerosis. Kondisi ini dapat membuat darah menggumpal (trombosis) sehingga menutup aliran darah ke arah jantung.


Stroke

Stroke di akibatkan karena otak tidak lagi menerima pasokan darah karena tersumbat atau pecahnya pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan sel-sel otak mati dan akhirnya mengalami kesulitan untuk melakukan banyak hal sehari-hari. Stroke sering terjadi pada penderita hipertensi, kolestrol tinggi, diabetes, perokok aktif atau memiliki gaya hidup tidak sehat.


Kanker

Kanker terjadi karena sel jaringan tubuh menjadi tidak normal dan tersu membelah diri tanpa kendali. Jenis kanker yang sering terjadi adalah kanker paru-paru, usus besar dan payudara. Biasanya menyerang orang yang memiliki kelebihan berat badan, kurang makan buah dan sayur, kurang olahraga dan mengkonsumsi rokok dan alkohol berlebihan.
buah-buahan (pict. dokpri) 
Biaya pengobatan penyakit kritis sangat besar dan tidak jarang membuat pasien dan keluarganya mengalami kebangkrutan finansial. Sesuai ini dengan penelitian ASEAN Cost in Onkology yang menyebutkan 50% dari 9.513 pasien pengidap kanker mengalami kebangkrutan finansial.

Jadi setujulah dengan pernyataan saya yaaa... Sehat itu mahal tetapi sakit jauh lebih mahal. Kok gitu? Iyaalah, katanya harga-harga di pasar sekarang menjulang tak terjangkau oleh emak-emak. Apa-apa mahal, bagaimana  beli buah-buahan, wong tempe saja sudah setipis ATM, ye kan yeee? Katanya looooo...

Nah kalau biaya rumah sakit gimana? Duhhhh... kalau masuk rumah sakit itu bukan cuma biaya dokter, obat atau rumah sakit ya. Walaupun ada kemudahan gratis karena pakai BPJS, kepikir gak transport bolak balik rumah sakitnya. Belum lagi harus cuti karena menunggui pasien di RS. Lalu jika si pasien adalah tulang punggung keluarga, artinya tidak bekerja selama di rumah sakit dan saat pemulihan. Lalu bagaimana kondisi finansial keluarga kalau begitu?

Makanya pas banget niy Prudential Indonesia meluncurkan produk baru yang di sebut PruCriticalBenefit88. Produk baru ini adalah produk tradisional yang memberi perlindungan atas resiko kondisi kritis atau meninggal dunia sampai tertanggung berusia 88 tahun. Produk ini memberi perlindungan 100% Uang Pertanggungan jika mengalami 60 kondisi kritis tahap akhir atau meninggal dunia atau polis berakhir. Proteksi terjamin dan uang pasti kembali adalah kelebihan produk ini. Jadi kalau tertanggung masih hidup saat berusia 88 tahun dan polisnya masih aktif, uagnya akan di kembalikan 100%. Produk di buat fleksibel dengan pilihan pembayaran premi tunggal, 5, 10 atau 15 tahun Wahhhhh... pilihan cerdas niy.
Produk PruCriticalBenefit88 (pict. website Prudential)
Keluarga dapat menggunakan uang perlindungan untuk membantu biaya pengobatan di rumah sakit dan biaya hidup. Dengan produk ini, keluarga bebas rasa khawatir dan leluasa untuk #jalaninbareng mengurangi risiko finasial akibat penyakit kritis bersama Prudential Indonesia.


Cocok banget niy dengan kampanye WE DO dalam perusahaaan Prudential Indonesia tahun ini, yang artinya optimisme untuk maju. Tagline baru : Listening, Understanding, Delivering,  juga menghiasi awal tahun untuk meningkatkan fokus pemberian solusi proteksi kesehatan dan masa pensiun. 

Tunggu apalagi? Yukssss mulai #jalaninbareng

Comments

  1. Wahh enak dong ya, uangnya bisa kembali jika kita udah usia maksimal polis tsb. Uang premi per bulannya berapa mba?

    ReplyDelete
  2. Yuk #JalaniBareng
    Hiks, aku teringat beberapa temanku kemaren2 meninggal karena jantung pula, berturut-turut :(
    Semoga kita semua diberikan kesehatan ya Mba

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuun, sedih bgt ya Mba kalo ada kejadian tdk terduga kayak cerita di atas.
    Untung deh, ada insurance yg paripurna
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  4. jadi ini asuransi buat penyakit2 kritis gitu ya mba? Semoga kita semua diberikan kesehatan ya, dan keluarga kita juga sehat-sehat terus

    ReplyDelete
  5. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya mba. Supaya terhindar dari semua penyakit tersebut.

    ReplyDelete
  6. aduh serem ya mba.. :( :( mudah2an ga terjadi pada orang2 terdekat kita.. dan asuransi memamg penting

    ReplyDelete
  7. Proteksi diri jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan wajib ya.. sudah saatnya berteman dengan asuransi.. dan tentunya asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga fleksibel! produk terbaru dari prudential indonesia yaitu PruCriticalBenefit88 ini pilihan pembayaran preminya sangat fleksibel ya dan jaminan uang kembali saat usia 88 tahun, what a great choice insurance

    ReplyDelete
  8. Sakit jantung termasuk silent killer ya, Mbak. Beberapa kali mendengar kejadian kematian mendadak karena terkena serangan jantung. Padahal masih muda dan kelihatan sehat. Jadi semakin pengen menjaga kesehatan. Asuransi untuk memproteksi juga

    ReplyDelete
  9. Semoga kita dan keluarga sehat selalu ya kak,,Dan memnag sih PTM menguras tenaga dan harta juga.

    ReplyDelete
  10. Sekarang penyakit itu macam macam ya bukan usia tua aja yang kena tapi justru usia produktif. Prepare biar nyaman dan aman dengan asuransi perlu ya

    ReplyDelete
  11. Sekarang penyakit itu macam macam ya bukan usia tua aja yang kena tapi justru usia produktif. Prepare biar nyaman dan aman dengan asuransi perlu ya

    ReplyDelete
  12. Almarhum papa ku meninggal karena penyakit Jantung dan aku tidak ingin seperti beliau. Karena bagiku lebih baik mencegah daripada mengobati, btw penting banget emang punya asuransi walaupun kita berharap selalu sehat.

    ReplyDelete
  13. Harga preminya relatif murah ya dibanding yang biasanya, ini flat untuk semua usia kah?

    ReplyDelete
  14. Asuransi memang penting. Saya pernah mengalami tahun 2016

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…