Skip to main content

Tukang makan belajar motret makanan

"Si Tukang Makan" begitu sebutan saya di antara teman-teman saya. Hmmmm... ukuran baju boleh S tapi makannya ukuran XL, gitu deh kira-kira. Saking seringnya saya mengupload foto makanan, teman-teman saya selalu tidak percaya jika hanya ada satu jenis makanan yang saya santap. 

Beberapa teman juga sering bertanya dimana makanan "xyz" yang yummy ? Sejujurnya mereka salah bertanya kepada saya, karena saya hanya mengenal dua rasa dalam makanan. Enak dan enak sekali... Saya penyuka segala jenis makanan dengan semua rasanya kecuali makanan basi, hehehe...

Saya senang memotret makanan yang terhidang di meja tetapi kurang pandai memotret. Jadi ketika ada kesempatan belajar dari mas Bona @jajanbeken yang di selenggarakan oleh @foody.id saya langsung semangat belajar. Apa saja yang saya dapat ? Yuksss mareeee...

Ada 4 hal dasar yang di ajarkan, yaitu mengenai Food Styling, Best Angle, Timing dan Editing. Empat hal ini yang dapat membuat foto makanan cantik dan menggiurkan. 

FOOD STYLING

1. Element 
Foto makanan akan tampak lebih menarik jika memperlihatkan juga bahan-bahan dasar dari makanan yang tersaji. Misalnya : Foto Roti - bisa disertakan telur, tepung, mentega dan buah-buahan isi rotinya.
pict : slide materi presentasi 
2. Composition
Menata makanan dan propertinya dalam komposisi yang menarik. Tip and trik : jumlah yang ganjil biasanya lebih menarik  
pict : slide materi presentasi
3. Rule of third 
Foto tampak lebih hidup jika di sajikan dengan ketentuan ini. Letakkan objek foto di titik pertemuan garis yang biasanya ada dalam layar kamera. Dan sisakan ruang kosong diluar objek utama dan penunjangnya supaya tampak lebih menarik. Ruang kosong juga bisa di gunakan untuk menuliskan mini caption. 
pict : slide materi presentasi
4. Rule of colour
Foto yang warna warni menarik perhatian tetapi perlu di perhatikan juga padu padannya. Bisa merupakan paduan warna yang bersebelahan atau yang berseberangan, seperti gambar di bawah ini.
pict : slide materi presentasi

BEST ANGLE

Angle foto makanan bisa diambil dari 3 sudut dengan keunggulan masing-masing sesuai makanan yang akan di foto.
Eye level bisa di gunakan untuk jenis makanan yang tinggi, seperti burger / kue lapis atau minuman dalam wadah bening.
45 degree adalah sudut yang paling banyak dipakai untuk memotret makanan secara detil.
TOP SHOT adalah sudut untuk memotret makanan yang bentuknya flat atau datar, misalnya pizza.
pict : slide materi presentasi

TIMING / LIGHTING

Foto akan menarik dengan pencahayaan yang baik sehingga dapat mengeluarkan warna asli makanan / minuman. Cahaya matahari dan jendela adalah sahabat para photographer. Cahaya terbaik datang dari samping arah jam 3 atau jam 9 atau dari depan objek foto sehingga tidak terjadi backlight.

EDITING

Aplikasi edit foto di handphone bisa menggunakan VSCO, Lightroom dan Snapseed. Foto yang di ambil dengan warna lebih gelap, lebih mudah untuk di edit daripada yang terlalu terang.

FOOD REVIEW FOR SOCIAL MEDIA

Gambar yang kiri akan lebih mengarah pada hard selling, seperti : beli 2 gratis 1, sedangkan foto yang kanan lebih soft, seperti : sudah mencoba kelezatan sayap ayam ini ?


Tips dan trik memotret makanan :
  1. memotret di siang hari dekat jendela
  2. warna alas foto bisa warna apa saja asal tidak "mengalahkan" warna makanannya 
  3. foto malam hari dengan lampu kurang bagus hasilnya
  4. minuman dalam mug warna gelap sebaiknya 45 degree 
  5. warna foto yang gelap tampak lebih luxury
  6. properti foto bisa memakai yang ada saja, seperti pot bunga, buku, dll
  7. top shot bisa di gunakan untuk mengambil foto yang memuat banyak makanan
Ini foto saya waktu workshop :
gak terlalu bagus mungkin yaaaa... namanya sedang belajar
Foto foto makanan saya bisa di lihat pada www.instagram.com/meyagatha. Semoga setelah workshop ini, saya bisa memotret makanan dengan lebih baik lagi.

MENGENAL FOODY.ID

Foody Indonesia (www.foody.id) adalah direktori restoran dan makanan yang didirikan pada bulan Agustus 2015.  Awalnya Foody Corporation ini berbasis di Vietnam dan bahkan kalau di sana sudah bergerak seperti "GoFood". Saat ini Foody.id sudah menjadi platform utama untuk kategori restoran dan makanan di DKI Jakarta dan mulai merambah ke Bandung, Jogjakarta, Malang, Surabaya dan Bali. 

Dalam aplikasinya, kita dapat melakukan review restoran dan makanan, menemukan banyak rekomendasi makanan terbaik dan tentu saja redeem voucher Foody Coupon. Seruuuuu yaaaa... Silakan di coba yaaa, klik :  bit.ly/foodyandroid atau bit.ly/foodyios. 




Comments

Popular posts from this blog

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…