Skip to main content

Persiapan Asian Para Games 2018 di Indonesia

Kalau Asian Games iyaaa banyaklah yang tahu ya... Tapi kalau Asian Para Games itu apa dan bagaimana persiapannya? Perhelatan ini sangat menarik, bukan hanya karena pesertanya yang spesial karena mereka adalah para penyandang disabilitas. Tetapi menarik juga karena banyak hal yang harus dipelajari dalam persiapannya menjadi tuan rumah. Hal ini juga mendorong lebih kencang lajunya percepatan Indonesia menjadi negara ramah disabilitas.

Indonesia 2018 Asian Para Games yang merupakan pesta olahraga bagi para penyandang disabilitas juga secara langsung melibatkan komunitas penyandang/pemerhati disabilitas untuk terlibat. Partisipasinya dapat dilakukan sebagai volunteer langsung, maupun sebagai partner penyebar informasi tentang Asian Para Games 2018.
dokumen pribadi

Persiapan fisik fasilitas dan non fisik

Unutk menyelenggaraan event bergengsi seperti ini, tentu saja banyak sekali fasilitas fisik yang perlu di bangun dengan lebih baik. Para penyandang disabilitas tentunya berhak mendapatkan fasilitas yang dapat mendukung aktivitas mereka. Hal ini termasuk fasilitas tempat tinggal (akan dibuka Para Village tanggal 18 Juni 2018), toilet, jalan, sarana transportasi, sarana kesehatan dan lain-lain yang leluasa.

Persiapan sukarelawan untuk memperlancar jalannya acara tentunya juga berpengaruh terhadap berhasilnya event bergengsi ini. Banyak sekali sukarelawan di butuhkan untuk Asian Para Games ini seperti tercantum dalam web resminya, yaitu https://asianparagames2018.id/volunteer/

Bagian yang membutuhkan bantuan dibagi-bagi sesuai kepentingannya dalam 17 divisi, yaitu : General Affair, Sport, Venue, Classification, Medical & Doping Control, Accreditation, IR & Protocol, Accomodation & Catering, Athlete Village, NPC Relation, Transportation, Arrival, Departure & Hospitality, IT&T, Media & PR, Marketing, Look & Feel, Broadcasting, and Ceremonies.

Periode pendaftaran sukarelawan ini terbagi dua, yaitu untuk test event ( 21 April - 31 Mei 2018) dam untuk Main Games ( 21 April - 8 Juli  2018 ). Jadi masih terbuka looo untuk yang ingin membantu suksesnya acara ini. Total email yang sudah terdaftar sampai 16 Mei 2018 pukul 12:45 WIB sejumlah 5,421 orang. Total peserta yang sudah lengkap mengisi formulir sampai 16 Mei 2018 pukul 12:45 WIB sejumlah 393 orang. Seluruh sukarelawan ini juga akan mendapatkan pembekalan untuk melayani para atlet dan kontingen dari negara-negara peserta.

Forum Komunikasi Asian Para Games 2018

Untuk hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan acara ini dibentuklah Forum Komunikasi yang memberikan ruang pada komunitas-komunitas penyandang dan pemerhati disabilitas sehingga dapat di peroleh masukan-masukan untuk suksesnya acara. Kebetulan saya hadir pada salah satu acaranya di hotel JS Luwansa 22 Mei 2018 lalu. Dari pertemuan yang melibatkan banyak komunitas ini, saya memperoleh banyak pengetahuan baru terkait dengan Asian Para Games ini, seperti :

  1. Asian Para Games ini sebelumnya di langsungkan di Guang Zhou, China dan Korea. Ini adalah yang ketiga kalinya di selenggarakan
  2. Asian Para Games 2018 akan di selenggarakan dari tanggal  6 - 13 Oktober 2018 dan berpusat di kota Solo.
  3. Asian Para Games akan di ikuti oleh > 3.000 atlet dari 43 negara dan  18 cabang OR
  4. Indonesia memiliki banyak prestasi dalam OR para disabilitas ini, bahkan di ASEAN Para Games yang di selenggarakan di Malaysia, Indonesia meraih juara umum. 
  5. Atlet disabilitas Indonesia ditangani oleh NPC (National Paralympic Committee) Indonesia, yaitu seperti KONI nya para atlet disabilitas
  6. Para atlet disabilitas berprestasi juga di perlakukan sama dengan memperoleh bonus prestasi, di carikan pekerjaan, di beri kesempatan menjadi PNS dan bahakan di berikan perumahan. 

Sejarah NPC - dokumen pribadi
Hadir dalam acara tersebut banyak organisasi dan komunitas seperti : NPC Jakarta, YPAC Nasional, POTADS, Sign Language, HWDI (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia), GERKATIN, LAPPCI, PERTUNI, PORTURIN dan lain-lain.

Berkomunikasi dengan para penyandang disabilitas juga bukan hal yang remeh karena jangan sampai mereka tersinggung dengan cara kita membantu. Saya jadi bisa belajar juga dari slide presentasi yang di sajikan loooo.... Simak contoh slide nya :
untuk pengguna kursi roda - dokumen pribadi
untuk para tunanetra - dokumen pribadi

Mari kita sukseskan Asian Para Games 2018 !!!

Comments

  1. Salut untuk para penyandang disabilitas yang bisa berprestasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…