Skip to main content

Memulai Menjadi Wanita Pengusaha

Jaman now sudah banyak wanita, yang tidak hanya tinggal di rumah dan mengurus anak, seperti pada masa lalu. Kehidupan keluarga dengan kondisi finansial yang mapanpun tidak serta merta menyebabkan wanita mau hanya menjadi ibu rumah tangga. Pendidikan tinggi, rasa percaya diri, merasa turut bertanggungjawab atas perekonomian keluarga dan berusaha untuk tetap mandiri adalah sebagian dari alasan wanita memilih menjadi pengusaha. Jadi jangan khawatir dan takut jika saat ini para MOM akan memulai usaha ya...
wanita pengusaha - Photo by rawpixel on Unsplash
MOM dapat di artikan sebagai Master of Multitasking looo.. nah, makanya para suami semestinya mendukung para istri yang mau berbisnis. Wanita pengusaha malah kadang lebih pandai mensiasati waktu untuk memberikan keseimbangan antara bisnis dan rumahtangga. Mengerjakan banyak hal sekaligus di satu waktu memang di akui sebagai keunggulan wanita di banding pria. 

Ok sekarang kita lihat, apa saja keuntungan menjadi wanita pengusaha ?
keuntungan menjadi pengusaha - slide presentasi

BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA

Jadi, apa saja siy yang harus diperhatikan untuk wanita yang ingin memulai melakukan usaha ? Menurut Futri Zulya, seorang wanita pengusaha dengan segudang usaha, ada 6 hal yang wajib, yaitu :
  1. Kenali passion anda
  2. Sadari bahwa kita bukan wonder woman yag bisa mengerjakan semua hal
  3. Buat perencanaan berdasar riset
  4. Eksekusi rencana
  5. Lakukan inovasi 
  6. Pisahkan keuangan rumah tangga dan bisnis

Futri Zulya - dokumen pribadi

PASSION

Segala sesuatu yang di kerjakan dengan passion akan lebih menghasilkan. Mengapa ? Karena kita mengerjakannya dengan sukacita dan tekun. Misalnya mom suka memasak, mungkin bisa membuka usaha dibidang kuliner. Atau yang suka menjahit bisa membuka usaha menjahit atau butik, dan seterusnya.

NOT A WONDER WOMAN

Wanita pengusaha tetap tidak dapat mengerjakan semua hal sekaligus walaupun wanita di akui sebagai orang yang multitasking. Jadi, perkuat dukungan dari suami, anak-anak dan asisten rumah tangga agar semua berjalan baik dan lancar. Tentukan prioritas agar tidak terjadi tumpang tindih dalam melakukan tugas-tugas sebagai pengusaha dan ibu rumah tangga sekaligus.

Buat saya, it means : catatlah segala sesuatu dalam agenda. Tandai tanggal kelahiran anggota keluarga, tanggal ujian anak-anak, tanggal wisuda dan lain-lain. Pada dasarnya wanita tidak bisa memungkiri bahwa kodrat istri dan ibu adalah mengurus rumah tangga. Jadi, tetaplah memasak makanan kesukaan suami dan anak sekali-kali, jika setiap hari mereka di layani oleh asisten anda.  Dahulukan yang utama dan buatlah sebisa mungkin semua orang happy dengan kondisi yang ada. 

PLANNING & RESEARCH

Lakukan perencaaan dengan dasar data-data valid yang mendukung. Data-data bisnis saat ini sangat mudah dicari melalui internet. Lakukan analisa SWOT, lihat tipe-tipe bisnis sejenis, perilaku konsumen dan lain-lain. Jangan malu meminta saran dan belajar dari orang yang memulai usaha lebih dahulu dibanding kita.

EKSEKUSI RENCANA

Semua rencana usaha membutuhkan modal untuk melaksanakannya. Mengenai sumbernya, kita sendiri yang dapat memutuskannya. Bisa dari tabungan, meminjam keluarga/teman, menjlain kerjasama dan lain-lain. Jika saat ini kita masih bekerja sebagai karyawati dan ingin memulai usaha, kita harus displin mengatur pengeluaran uang. Salah satu contoh pengaturan gaji adalah seperti pada gambar di bawah ini :
mengatur keuangan - slide presentasi

INOVASI

Setelah usaha mulai berjalan, kita tidak boleh jalan ditempat. Lakukan inovasi sejalan trend bisnis yang ada agar usaha kita tidak ketinggalan jaman.

PISAHKAN KEUANGAN RUMAH TANGGA DAN USAHA

Banyak pengusaha pemula yang tidak memisahkan keuangannya dari keuangan rumah tangga. Hal ini berbahaya karena kita tidak dapat menghitung besarnya pendapatan dan pengeluaran nyata dari usaha kita. 
Pengusaha sukses Futria Zulya 
Nah, sudah bisa memulai usaha sekarang yaaaaa.... Yukkssss !

Comments

  1. terima kasih untuk tipsnya, semoga kita bisa menjadi pengusaha sukses ya mbak

    ReplyDelete
  2. Menentukan prioritas nggak boleh ketinggalan, ya. Supaya semua lancar.

    ReplyDelete
  3. memisahkan keuangan rumah tannga dan bisnis ini wajib banget apalagi [erempuan suka latah tiba-tiba belanja ya kek mey

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghargai yang terlambat ? No way

Dua bulan ini saya menghadiri banyak acara bagus-bagus yang di selenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Senang rasanya karena banyak yang saya pelajari dalam berbagai acara tersebut. Dari berbagai acara yang saya hadiri, ada yang di kelola dengan baik tetapi secara rata-rata saya kecewa dalam satu point penting, yaitu mengenai jadwal di mulainya acara.
Saya memang orang yang memiliki kejelekan "terlalu tepat waktu" sehingga saya selalu merasa terganggu dengan waktu yang tidak jelas dan tidak sesuai jadwalnya. Buat saya awal yang baik adalah kunci kesuksesan dan untuk sebuah acara, dan awal yang baik adalah mulainya acara tepat waktu. Tentunya selain keramahan panitia, menariknya acara itu sendiri, terpenuhinya kepentingan saya di acara tersebut, dll.
Mengamati beberapa acara dalam dua bulan ini dan mengingat banyaknya acara yang saya hadiri di sepanjang kehidupan saya, jujur saya merasa ada yang salah dengan urusan waktu ini. Untuk kesekian kali, saya merasa ada yang tida…

Ke Bali tanpa kemana-mana - sebuah cerita kehidupan

Wah asyik ya ke Bali... Kemana saja, ke pantai apa, ke pura apa, lihat penyu gak, surfing, zoo ? Makan  di nasi ibu "X" gak, bebek "Y" gak, sate "Z" gak ? Beliin gw oleh-oleh dunk, pie susu merek "A", pia "B", lapis legit "C", kain2 Bali, dll yaaa... Jawaban yang paling keren yang saya katakan adalah GW GAK KEMANA MANA..... Trus, pada sewot dunkkkkk, lhaaa loe ngapain ke Bali ?  ------------------------------------------

Iya saya ke Bali 5 hari 4 malam tapi hampir tidak ke daerah tujuan wisata sama sekali, sampai akhirnya sore sebelum kami pulang sempat lihat sunset di Kuta. udah cuma itu doank. Saya juga tidak makan ke resto terkenal atau tempat makan yang keren kekinian atau yang biasa di sambangi saat ke Bali. Saya cuma pindah tempat tidur doank..... Iyaaaa bener, saya cuma tinggal di hotel, ngobrol, tertawa sampai sakit perut, bertengkar dan berbaikan lalu tertawa lagi begitu terus sampai pulang. Kami juga sempat mampir ke …

Memilih kaca film untuk mobil

Kali ini saya ingin berbagi mengenai seluk beluk kaca film mobil. Buat saya pribadi, kaca film di butuhkan karena sebagai pengendara perempuan, risih rasanya jika terlihat langsung dari luar mobil saat berkendara dan juga agak serem jika terlihat sedang berkendara sendirian melewati jalanan sepi di malam hari. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan tidak memandang jenis kelamin siy, tetapi tetap saja kalau perempuan kayanya lebih dipilih sebagai sasaran empuk, yaaa...
Ternyata banyak juga kegunaan lain dari kaca mobil selain hal tersebut di atas. Saya mendapatkan informasi ini dari acara yang di selenggarakan oleh Mobil 123 sebagai portal otomotif nomor 1 dan V Kool Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Social Blogprerneur (ISB) pada hari Rabu, 26 Juli 2017 kemarin di V Kool Flagship, jalan Trembesi, Jakarta Utara. Jadi apa saja ya kegunaannya ?  Menahan sinar matahari masuk langsung ke dalam mobil Tanpa menggunakan kaca film, suhu dalam mobil saat parkir menjadi lebih panas 70% di ban…